Minggu, 01 Januari 2017

Membangun Smart City dengan pemanfaatan teknologi Informasi yang Bijak









Teknolgi sekarang berkembang sangat pesat bak kereta jepang shinkansen yang melaju bagaikan jet darat yang merubah pola pikir kebanyakan orang terutama generasi muda ( Generasi milleneal ) yang memberi ruang berbeda dengan generasi pendahulunya karena penggunaan teknologi itu sendiri. Bisa dikatakan juga generasi milleneal adalah generasi yang bukan dilahirkan dari generasi sebelumnya karena terjadi ketimpangan yang sangat berbeda jauh.




Teknologi manufaktur, teknologi informasi, ataupun Teknologi pangan dan semua teknologi yang sedang berkembang di abad Ke- 21 itu sejatinya menuai dampak positif maupun  dampak negatif baik dalam skala kecil hingga ke skala yang kompleks. Pemanfaatan teknologi tersebut seyogyanya tidak diterima lalu diadopsi secara terang – terang tapi juga ada proses pemilahan secara komprehensif agar tidak semakin berdampak negatif yang melebar ke segala arah yang mana bisa berimbas ke semua segmen kehidupan.

Semakin berkembangnya teknologi maka diikuti dengan turunnya akhlak yang ada pada mayoritas generasi milleneal karena tidak adanya proses filterisasi yang mendasar baik dari pemanfaatan teknologi atau penerimaan informasi untuk dicerna secara berkelanjutan bukan malah ditelan mentah – mentah karena kalau itu dibiarkan terjadi akan mengakibatkan turunnya pemahaman budaya, jatuhnya moral dan budi pekerti. Untuk itu peran semua orang harus terlibat agar pemanfaatan teknologi diperlakukan secara bijak dan adil.  




Pemanfaatan teknologi yang diaplikasikan pada tata hidup lingkungan kota maupun lingkungan pusat pemerintahan sangat bermanfaat untuk menunjang baik itu birokrasi, fasilitas publik, sektor  pendidikan yang ada di beberapa instansi dan sebagainya. Akibat dari pemanfaatan teknologi pada smart city bisa langsung dirasakan kegunaannya dan kadang pula menunggu waktu untuk merasakan hasilnya, dengan ini akan terciptanya lingkungan smart city yang dapat mempercepat kinerja efisiensi pada sektor publik ini.

Salah satu yang berperan penting adalah Teknologi informasi  ( TI )  yang digunakan untuk mewujudkan Smart City Indonesia sangat membantu dalam beberapa hal yang dibutuhkan baik msyarakat ( user ) maupun pemerintah, perusahaan atau kelompok masyarakat yang berlaku sebagai operator atau pengembang teknologi Smart city. Dalam keterkaitannya tersebut peran operator sangat vital dalam menjadi agen perubahan yang menjadikan masyarakat modern di era modern seperti sekarang ini jadi segala pusat Teknologi informasi yang dapat didapatkan di dunia internet.

Dengan laju pertumbuhan teknogi Informasi yang semakin melaju kencang juga diperlukan peran operator untuk meminimalisir tumbuh pesatnya Teknologi informasi yang membabi buta dan kebanyakan tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Faktor utama yang berperan justru bagimana masyarakat dapat menyikapi dan memproses semua informasi yang kita terima bahkan kita konsumsi setiap hari untuk mendapatkan informasi yang nyata adanya dengan melihatnya secara adil dan obyektif.     


Pada dasarnya teknologi informasi yang ada tidaklah buruk tetapi bagaimana kita memproses hal tersebut dengan sesuai tata nilai hidup. Oleh karena itu setelah ini kita bangun di tengah – tengah masyarakat tentang pemanfaatan yang baik dan sesuai dari teknologi informasi itu sendiri agar juga masyara lebih kreatif, mandiri, dan obyektif dalam pendayagunaan teknologi informasi secara bijak.

Maksud kreatif dalam pemanfaatan Teknologi informasi secara bijak adalah kita presentasikan bagaimana cara kerja teknologi informasi secara utuh nanti masyarakat yang menerima dan memprosenya untuk mewujudkan Smart City Indonesia




Seperti kita berikan wawasan edukatif kepada msyarakat yaitu dengan bagaimana cara memposting tulisan atau karya ke website dan sebagainya  yang mana nantinnya masyarakat akan mulai memanfaatkan teknologi untuk kemaslahatan bersama. Dan juga peran pemerintah atau perusahaan yang berlaku sebagai operator mayoritas harus mementingkan peranannya secara bijak demi kepentingan bersama juga yang semuanya saling bersinergi, saling membangun bangsa dan negara Indonesia.



Dijaman ini Indonesia harus mulai menata dari semua lini kehidupan jika kita mau membangun semua dan membenahi yang sudah mulai tidak seimbang seperti hari-hari ini termasuk kita harus konsen terhadap bidang bidang teknologi yang membangun.


Mau atau tidak mau kita sudah ditekan habis-habisan oleh para perusak keseimbangan mulai dari aktivitas kita, kegiatan kita, sampai pemikiran kita di reduksi, dikacaukan sedemikan rupa untuk mengkerdilkan kita dalam membuat, mengolah, mempertahankan. Maka unsur teknologi harus sudah diteliti, dikembangkan pendayagunaannya untuk menguatkan kekuatan kita sebagai kebangsaan yang berdaulat.


Gamatechno hadir ditengah-tengah masyarakat saling membaur dalam bekerja sama untuk membangun teknonologi yang sudah memberikan banyak kontribusi penting dibidang tata kelola kota, dunia kampus dan setiap waktu Gamatechnio berusaha berinovasi untuk teknologi - teknologi yang terbarukan.






edukasii Web Developer

Mari kita sentuh hal terkecil bahkan yang tidak terlihat untuk mengetahui seberapa luas kehidupan ini dan seberpa agung ciptannya - Salam dari Anak Desa ( Sidoarjo )

1 komentar: